Esensi utama perubahan kurikulum 2006 menjadi
kurikulum 2013 adalah dengan perubahan metode pembelajaran. Konsep pembelajaran
dalam kurikulum 2013 disiapkan untuk emngembangkan kompetensi peserta didik yang
komprehensif meliputi kecakapan literasi, kecakapan abad 21 dan penguatan pendidikan
karakter. Prinsip belajar dalam kurikulum 2013 adalah memfasilitasi siswa agar dapat
mengkontruksi pengetahuan melalui langkah - langkah pembelajaran, sehingga paradigma pembelajaran
bukan lagi pada mengajarkan topik – topik yang akan diujikan ( teaching on the test).
Fungsi, tujuan dan kewajiban pemerintah
untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu bagi bangsa Indonesia telah dilakukan
oleh pemerintah dari waktu ke waktu. Rendahnya mutu pendidikan nasional, telah
berpengaruh secara langsung maupun tidak langsung terhadap rendahnya mutu dan
daya saing sumber daya manusia (SDM) Indonesia pada bursa tenaga kerja global.
Laporan Kegiatan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar